Rabu, 02 Januari 2013

Next target is ....

[Menggapai puncak gunung yang pertama kali bagaikan meraih impianmu untuk pertama kali. Sekali bisa sampai puncak impian itu, kamu akan berani memimpikan puncak-puncak lain, yang bahkan belum pernah kamu impikan sebelumnya]

Pagi tadi. Ketemu temen sekantor pas mau masuk gerbang.
Beberapa kata yang iya ucap, langsung mampu membuat mataku berbinar-binar.

"Haduh aku capek banget ini mi. Baru tidur jam 4"
"Ha, emang habis ngapain?"
"Aku habis dari Gunung Ceremai, Kuningan"
"Ha, serius? Keren ga???"
"Keren bangeeeet..."
"Eh, aku baru dari gunung Gede"
"Oh gitu, kapan?"
"Barusan, tanggal 25. Eh, nanti cerita2 yah!!!"

Setelah meeting, ku buka laptopku. Baca2 imel bentar, kemudian aku lihat Lync temenku itu lagi online. Segera send IM

Dan, sekitar setengah jam sebelum jam istirahat akupun magabut. Tuts keyboard gak berhenti2nya ngirim pertanyaan ke dia, such as
"Berangkat kapan?"
"Perjalanannya dari mana?"
"Medannya gimana?"
"Puncaknya keren ga?"
"Ada tempat kempingnya gak?"
dll sampai.. "kita lanjutin di kantin yuk!!"

Dari dia, aku tahu Ceremai adalah puncak tertinggi jawa barat, 3.078m dpl. Dari dia aku tahu ada setidaknya 11 pos pendakian di jalur Linggarjati. Jalur paling berat, tapi paling favorit. Jalur yang melewati Tanjakan Bapatere. Jalur tanjakan terjal nonstop dari 1.950m dpl sampai 2.250m dpl

"Tanjakan Bapatere itu artinya Tanjakan Bapak Tiri. Tanjakan Bapak Tiri aja udah kaya gini. Apalagi kalau ketemu tanjakan Ibu Tiri"
Semeja, empat orang, ketawa semua

Seenggaknya yang aku tangkap, medan ke Ceremai emang berat. Tempat kemping nggak terlalu luas kaya di Surya Kencana. Meskipun tersebar di beberapa pos. Tempat kemping favorit menurutku ya mungkin d Pos Pangasinan (2.750 mdpl) yang terdekat dengan puncak. Yang paling berat adalah, sumber air terakhir ada di Pos 1!! Jadi seenggaknya minimal kita bawa 5 L air dari Pos yang bernama Mata Air Cibeunar ini (750 mdpl). Pokoknya buanyak banget deh yang dia ceritain!

Tapi bagaimanapun medannya, seberat apapun pendakiannya, pasti semuannya akan hilang ketika udah nyampe puncak. Summit Attack at CIREMAI !!!


Kawahnya bikin mupeeeeng!!!

Apalagi ada mitos bahwa, siapa yang udah pernah nyampe Ceremai, akan bisa sampai ke Mahameru. Dan itu resolusi dia tahun ini. MAHAMERU!

Semua cerita2nya membuat aku bermimpi lagi. Ke mana lagi ya aku kan mendaki?

Gunung salak?
Temen2 kuliahku udah pernah. Seenggaknya sampai kawah ratunya, enggak ke puncak. Gn Salak, meskipun nggak terlalu tinggi (2rebu sekian mdpl) medannya berat boy. Dan angker, hiiiyyy. Banyak yg nyasar. Tp, aku tahu, mereka nyasar karena rute di salak banyak bgt.

Gunung Bromo (dan pulau Sempu)?
Mauuuuu... Seenggaknya ini enak buat jalan-jalan. Gak perlu sampai puncaknya juga udah woke banget. Tapi butuh budget & waktu yg lebih. Temenku yang satu ini juga sukses ke Bromo. Geng temen kuliah Piggy Babe juga sukses foto2 di sana. 

Gunung Krakatau?
Belum banyak dapet ceritanya. Tapi temen kuliahku juga ngajakin. Di sini kita bisa snorkeling sekalian mendaki gunung. Muantap!!! Budgetnya jg lumayan kalau mau dapet full versionnya 500 rebuan lah habisnya

Gunung Sindoro dan Sumbing?
Karyawan di kantorku banyak yang berasal dari temanggung. Kota di lereng dua gunung yang keren ini. 3.150 mdpl dan 3.340 mdpl. Cerita2nya bikin mupeng. Tapi jauhnya nanggung, mending sekalian berwisata ke Dieng kali yah 

Gunung Semeru (dan Mahameru)?
Pengen bangeeeet. Ah, bisa gak ya? Takut medannya berat boy. 3676 m dpl gitu. Budgetnya juga lumayan. Tapi yang jadi "masalah" terbesar adalah waktu. Seenggaknya aku harus cuti seminggu. Hmmm boleh gak yah? Temenku yang satu ini, ngajak aku ikut. Tawaran yang bikin ngileeerrrrrr

Kayanya Ceremai OK nih. Semeru juga. Bromo, mantep juga. Salak, ya lumayan lah buat selingan. Tergantung nanti yang duluan bisa direalisasikan sik

Sore itu, aku bolak balikin kalender baru. Lemnya masih nempel2. Bikin susah dibuka.
Akhir Januari, bisa longwikenan kalau cuti 1 hari. Ah, masak awal tahun udah nyuti lagi?
Akhir maret kayanya mantep.. :D
Atau, stelah hari raya idul fitri, cuti 1 minggu sebelum 17 Agustus? Cocok nih buat ke mahameru :p

Ahhh, sudah lah. biar waktu yang akan menjawabnya :)

2 komentar: