Sabtu, 23 Februari 2013

Me and KEPOisme

Aku (once upon a time) : Hai.. gimana kabarmu? Eh, jadinya kapan nikah?
Kamu  : Kabar baik. Eh kapan ya. Nanti deh, blm pasti
Dia     : Kamu KEPO banget sih mi? 

Aku udah biasa dibilangin kepo. Aku bahkan dijuluki cowok terkepo sekantor. Bangga? Enggak juga. Ngerasa aneh iya. Soalnya perasaan dulu aku bukan tipikal orang yang suka cari-cari tahu dan bergosip, deh.

Iya, itu dulu. Dulu, sebelum Negara Api menyerang #apasih.

Yup, kali ini aku, randomly, pengen ngeposting sesuatu yg berkaitan dengan KEPO. Postingan ini disponsori oleh temenku si Isti yang sadar atau ngak sadar, pernah ngetweet ke aku "kurangin deh keponya ._." Sedikit ngejleb sih, Sti :p

Nah, buat teman-teman yg ngerasa kepo, teman-teman tau nggak sih apa arti KEPO?
Kalo nggak ngerti, berarti kalian nggak kepo, ngerti aja kagak :p
Atau kalo jawabannya : ngerti siihh artinya. Itu tuuh, pokoknya suka pengen tauuu ajah.
Itu artinya temen2 bukan kepo sejati, soalnya nggak mau nyari tau apa itu KEPO.

Dulu aku pernah kepo tentang KEPO #riweuh. Setelah browsing sana-sini, ternyata banyak banget yg bahas ttg apa itu KEPO. Dan ngartiinnya macem2, as below :
Ada yang ngartiin Kepo = selalu pengen tau urusan orang, atau banyak nanya-nanya.
Ada juga yang bilang Kepo itu diadaptasi dari bahasa daerah Hokkian (China) Ke = Bertanya, Po (Apo) = Nenek2. Jadi artinya nenek2 yg suka bertanya2. Pingin tau banget gitu.
Ada juga yang ngartiin kata kepo berasal dari dua kata bahasa inggris, "Care Full" artinya "Peduli banget". Kata 'Care Full' ini mengalami transformasi -> Care Full -> Ker Pol -> Kepo, maksa huehehe
Terus ada yg bilang Kepo tuh penghalusan dari kata stalking or menguntit via dunia maya
Ada juga yang bilang Kepo itu kependekan dari KEk POlisi, atau kayak polisi, maksudnya kalo kalian berurusan dengan polisi, dia pasti ingin tau semuanya

Nah, dari semua hasil kepoanku tentang KEPO, yang paling banyak jadi referensi adalah KEPO = Knowing Every Particular Object. Ya, artinya nggak jauh-jauh sama yang sebelum-sebelumnya sih. Yakni, pengen tauuuu aja. Pengen tau sampai sedetil-detilnya!!

Nah, balik lagi ke latar belakang kenapa aku posting ini.
Sempat bertanya2 dari lubuk hati yang paling dalam. Apa iya yah aku se-KEPO itu?
Padahal dulu, boleh dibilang aku tuh paling cuek. Paling nggak peduli sama urusan orang lain. Kalo kakakku bilang, Fahmi tuh seolah punya dunianya sendiri.
Namun semuanya berubah setelah Nega.. *udah deh mi.
Semuanya berubah setelah beberapa kejadian yang membuatku sadar bahwa kita harus care sama orang lain. Mulai dari beberapa ujian yang menimpa keluarga, pengalaman punya pacar pertama kalinya #ehh, sampai tuntutan pekerjaan dan suasana infotainment kantor.

Nah, kayannya yang paling ngaruh adalah dua faktor terakhir.
Orang bilang, dinding dan meja di kantorku tuh punya kuping dan mulut. Misalnya, pagi hari gosip dihembuskan, siangnya seluruh pabrik udah tau. Dan sorenya, penghuni kantor head office di jakarta udah tau. Atau sebaliknya. Luar biasa yah.

Nah, tuntutan pekerjaan mau nggak mau memberi efek samping (kaya obat) terjerumus ke aliran KEPOisme. Maklum, aku didaulat jadi auditor internal masalah quality assurance di kantor. Seenggaknya ada 19 hari kerja dalam setahun, aku harus KEPO. Nanya ini itu, ngerepotin rekan kerjaku buat nunjukin dokumen anu inu.

Terus, saat training auditor internal, aku dievaluasi dan dikasih masukan. Bahwa aku perlu ditingkatkan kadar curiosity-nya. OK, aku artikan kamu kurang KEPO mi. Sip, noted!

Nah, kebayang kan. Aku jadi kalo ngobrol kadang2 kebawa-bawa tuh kebiasaan nanya2 runut dan sampai detil. Kadang suka nggak sadar aja. Yah, sebenernya itu tandanya aku care sama kalian lho *ngeles.

But basicly, aku emang orangnya cuek, nggak terlalu care. Dan hanya kepo untuk urusan2 tertentu yg interesting atau seseorang yang interesting #ehh.

Seperti hari ini, aku kepoin socmed orang sampai 3 tahun kebelakang. Stalking parah, kepo tingkat dewa. Dan mengalahkan rhea yg stalking twit orang sampai 2 tahun kebelakang.

Apa sih, udah ah. Kalo dibahas, nanti ketauan orangnya kalo aku stalking2.

Kamu mau tau orangnya? KEPO banget sih kamu :p

6 komentar:

  1. Penyakit yg sama.
    Tp aku masih bisa menaahan diri mi..haha.
    Kalo menurutku, kepo itu nyerempet2 jelous. Orang lain pada tau, koq qta gak tau sih..gak asik kan..jd kepo deh. Hahahaha.

    BalasHapus
  2. Yak, Betul hurrrrrr. BTW, km menahan diri dari kekepoanmu pada siapa #upsss #tetepkepo

    BalasHapus
  3. kak, kepo tingkat dewa itu ketika kita bisa tau akun dan password medsos seseorang tanpa ketauan orangnya, jadi bisa ngepoin inboxnya setiap saat :P

    BalasHapus